Saturday, October 8, 2016

Resep Kaldu Mpasi menggunakan Slow Cooker ( Crock Pot )

Halo readers, 
Saatnya neima mulai makan makanan yang beragam, karena sudah masuk 7 bulan, dan seperti biasa  setiap sabtu minggu saya belanja dan menyiapkan beberapa rancangan menu seminggu kedepan untuk neima, sarapan dan bekal untuk papanya tetap saya buat sendiri, tipsnya ada di link berikut karena saya masih kerja dan saya ngotot untuk masak makanan neima dan sarapan + bekal papanya sendiri. Insyaallah saya sih maunya homemade terus, ga nyeduh makanan instan untuk neima. Disini peran  ART hanya membantu untuk menyiangi sayuran, memasak nasi, mencuci daging dan ikan yang akan dipersiapkan untuk memasak dan membuat kaldu serta pekerjaan rumah tangga lainnya.Oiya untuk resep puree buah beku tetep saya kasih neima untuk selingan makanan utama, dan cara buat puree bekunya ada di link ini.

Beberapa bahan makanan untuk sekitar seminggu kedepan

RESEP KALDU AYAM KAMPUNG :
Masukkan daging ayam kampung+ air 1 liter + sayuran kedalam slow cooker, nyalakan slow cooker dan atur mode "slow" tutup selama kurang lebih 12jam, angkat dan saring, dinginkan, simpan di lemari es "chiller" buang lemak yang mengapung dipermukaan, tuang kedalam cetakan es batu atau baby cubes, masukkan ke dalam freezer, setelah beku simpan menggunakan plastik ziplok per cube, setiap cube kaldu siap dipakai setiap membuat bubur

 

 

Hal yang sama saya lakukan pada saat membuat ceker ayam kampung, hanya saja pada saat disaring, ceker saya tidak buang, tapi saya blender lagi dengan air kaldu, lalu saya saring lagi agar tulang ceker yang masih belum hancur tidak masuk kedalam kaldu dan membuat bayi tersedak saat makan bubur.


RESEP KALDU IGA SAPI :
Masukkan daging iga sapi + air 1 liter + sayuran kedalam slow cooker, nyalakan slow cooker dan atur mode "slow" tutup selama kurang lebih 12jam, angkat dan saring, dinginkan, simpan di lemari es "chiller",buang lemak yang mengapung dipermukaan, tuang kedalam cetakan es batu atau baby cubes, masukkan ke dalam freezer, setelah beku simpan menggunakan plastik ziplok per cube, setiap cube kaldu siap dipakai setiap membuat bubur. 


 

RESEP KALDU IKAN SALMON :
Untuk resep ini  saya hanya menggunakan kompor tidak dengan slow cooker karena kaldu ikan akan cepat matang menurut saya, bisa juga sih dengan slow cooker mungkin atur dengan mode high selama 2jam. Berhubung saya lagi buru - buru, maka saya masak diatas panci. Caranya, masukkan tulang ikan salmon + air 1 liter + sayuran kedalam panci, nyalakan kompor dengan api kecil, rebus selama 1 jam angkat dan saring, dinginkan, simpan di lemari es "chiller", tuang kedalam cetakan es batu atau baby cubes, masukkan ke dalam freezer, setelah beku simpan menggunakan plastik ziplok per cube, setiap cube kaldu siap dipakai setiap membuat bubur.

 

No comments: