Sunday, July 26, 2015

Tips Mengurus Rumah Tangga Untuk Wanita Karier Agar Efektif dan Efisien

Di post sebelumnya udah kubahas mengenai beratnya tinggal di hunian baru, sebenernya ga begitu berat sih asal ikhlas aja ngelakuinnya, banyak hambatan – hambatan sampe masalah – masalah kecil berumah tangga yang kita alami,apalagi aku dan suami sama – sama saling kerja. Jadi pemenuhan kebutuhannya pun diHARUSkan terbatas donk, karena tiap bulan musti bayar cicilan KPR, cicilan ina inu, asuransi, saving untuk masa depan dan juga pengeluaran – pengeluaran besar sampai ke yang paling kecil kayak beli sabun colek, tissue dll. Makanya kita (aku & suami) dituntut banget untuk lebih disiplin waktu, tenaga dan hemat biaya. 

Disini bakal aku jabarin gimana caraku bisa dibilang tips kali yaa buat wanita karier yang notabene waktu kerjanya 9am to 5pm, sisanya dikurangi waktu di perjalanan menuju dan pulang kantor dan juga dikurangin waktu leyeh -leyeh dan waktu tidur, tuhh kan? Sempit banget kaan? trus budget juga kudu diATUR banget agar efektif dan efisien. Bahasa kerennya sih ngencengin stagen eh iket pinggang heheheh...

Ini dia tips harian buat yang dua – duanya harus berkarir. 
  1. Tidak menggunakan jasa PRT (Pembantu Rumah Tangga), karena kebetulan kita berdua belum dikaruniai anak, jadi belom ribet - amat lah yaa ngerjain semua pekerjaan rumah makanya bisa diselesaikan sendiri.
  2. Karena yaa itu tadi kita nggak punya PRT, aku pun memutar otak untuk membuat semua pekerjaan jadi efektif dan efisien karena sempitnya waktu yang digunain buat selesein pekerjaan rumah + beberes juga.   
Berikut beberapa efisiensi dan efektifitas  yang aku lakuin saat ini:

A.  Efisiensi di Dapur :
Kegiatan ini juga sudah aku terapin saat bulan puasa, pada waktu sahur biar ga keburu imsak dan saat persiapan berbuka yang sempit maupun saat hari kerja aku tetep bisa buatin  sarapan beserta bekal dan kadang juga untuk makan malam. PS : persiapan bahan makanan (include potong sayuran & defrost daging / makanan beku di freezer) udah dimulai saat pulang kantor yaa?! Biar besok tinggal proses masak selanjutnya mau dioseng – oseng, disayur atau digoreng. 

Udah gitu walaupun suami bekerja di salah satu  restaurant seafood terbesar di Jakarta, dia nggak suka makanan seafood atau catering yang dikasih kantor sama sekali,  apalagi dia sukanya cuma makan makanan rumahan sama junkfood, walah jadi nambah peer banget kan? Jadilah tiap subuh aku juga harus nyiapin sarapan plus bekal buat dibawa ke kantor. Tapi Alhamdulillah semuanya terbayar sih waktu suami bilang suka dan dia juga sering sharing lauk sama teman - temannya (lebih sering dipalakinnya sih hahaha) dan temannya pun bilang masakanku enak, mereka juga iri dengan bekal yang sempet-sempetnya  dibuatin dan dibawain makanan padahal istrinya kerja. Big smile :)) 

1. Membuat bumbu dasar untuk keperluan memasak

Resep bumbu dasar merah : Bisa digunain untuk menyiapkan untuk bumbu utama: sambal terasi,  Balado-an, Nasi goreng, lontong sayur,  ayam / ikan bakar (pakai happycall) dan  sejenisnya.
Bahan- bahannya :
  • 20 buah Cabe merah besar
  • 10 buah Rawit merah
  • 10 siung Bawang merah
  • 1 koin Terasi
  • Garam secukupnya (sebagai pengawet alami)
  • 3 lembar Daun salam
  • 2 lembar Daun jeruk
  • Minyak untuk memblender & menumis (Jangan menggunakan air pada saat blender, karena akan mengurangi rasa & aroma sambal)
Caranya :
Rebus cabe, bawang lalu tiriskan, blender dengan minyak dan terasi mentah, panaskan minyak, tumis sambal, masukan daun salam, daun jeruk dan garam. Aduk sampai matang, simpan di wadah kedap udara dan taruh di kulkas.



bumbu dasar merah
 Resep bumbu dasar Bawang putih : Bisa digunakan untuk bumbu utama membuat : Kuah Bakso, Sop Iga, Aneka Tumisan, Bermacam perkedel, tempe goreng, bihun, kwetiaw siram dan sebagainya.
Bahan- bahannya :
  • 250gr Bawang putih,
  • Garam secukupnya (sebagai pengawet alami)
  • Minyak untuk memblender & menumis (Jangan menggunakan air pada saat blender, karena akan mengurangi rasa & aroma bawang putih )
Caranya :
Blender bawang putih, garam dan minyak, lalu setelah itu ditumis sampai harum dan berubah warna

2. Sedia bahan dasar untuk keperluan memasak
  • Bahan Makanan kering yang harus ada : Mie telor, Bihun, Spageti,  Macaroni, Kwetiau, Oats (Disimpan ditempat yang kering dan dimasukkan ke dalam masing – masing wadah tersendiri untuk menghindari aroma yang bercampur dan bahan makanan lebih awet (tidak berjamur)
  • Saus yang harus ada : Saus tomat, saus sambal, saus tiram, saus teriyaki, kecap asin, kecap manis.
  • Bumbu yang Harus ada : Lada Bubuk, Garam, Kaldu bubuk ayam / sapi, sambal kacang, Tepung serbaguna
  • Bahan makanan basah yang harus ada
Disimpan di chiller kulkas: 
Ungkepan 1 ekor ayam, tahu dan tempe, telur, sayuran, cabai

Disimpan di freezer kulkas: 
Daging Sapi giling/ ayam giling yang sudah ditumis dengan bawang putih, Daging sengkel yang sudah direbus empuk, selain lebih awet, lebih cepat dalam mengolah masakan selanjutnya. Sosis, Bakso, Aneka Nugget.

Semua bumbu dan bahan makanan basah diatas, aku simpan di lemari es dan freezer pada masing – masing wadah kedap udara, tetapi untuk sayur mayur tetap saya beli di tukang sayur dan supermarket seminggu 2-3 kali. Agar tetap segar dan renyah. Tips menyimpan sayur agar tetap tahan dilemari es adalah, cuci sayuran hijau dan cabai di air mengalir lalu bungkus dengan kertas koran dan simpan diwadah tertutup namun ada lubang ventilasi lalu kemudian disimpan dalam lemari es. 

Wadah tertutup dengan lubang ventilasi

Sayur dedaunan seperti daun bawang harus dialasi kertas koran agar tidak busuk dan tahan lama


  • Bahan baku untuk membuat kue : Tepung, susu bubuk, gula bubuk, cokelat bubuk, tbm/sp, maizena, baking powder, mentega.   
  •    













3. Membuat seduhan teh kental (Biang teh)
Karena waktu yang dimiliki sangat sempit, tapi  efisiensi teh juga lho, jadi di rumah nggak pernah ada tuh teh celup, yang kadang biar sepele jadi bikin boros. Aku buat 1 teko besar seduhan teh tubruk kental dan disimpan di lemari es untuk digunakan sehari – hari selama 1 minggu, dan pada saat membuat teh manis tinggal tuang setengah gelas air panas dan gula, terus campurkan dengan air teh tadi.

Seduh teh tubruk kemudian saring dan masukkan ke dalam kulkas 

Caranya :
Rebus 1 ketel  air sampai mendidih lalu seduh dengan teh tubruk yang kental sekali setelah dingin lalu aku pindahkan ke teko besar untuk bisa disimpan dikulkas.

B.      Efisiensi di rumah tangga :
1. Menggunakan jasa laundry cuma untuk setrika saja, karena mencuci masih dikerjain dirumah supaya  higienis dan pencucian pakaian ngga bercampur dengan pakaian orang lain. Di daerah rumahku jasa laundry setrika aja hanya Rp. 5.000/kg (antar jemput) biasanya seminggu hanya dua kali dan paling banyak biaya sekali setrika maks Rp. 30.000,-. Coba bandingkan jika membayar jasa PRT yang minimal paling murah Rp. 800.000,-/bulan untuk cuci setrika aja.  

2. Menggunakan 3 in1 detergent + pewangi + pelembut

3. Menggunakan karbol untuk desinfektan kamar mandi, untuk pel lantai dan sebagai desinfektan tempat sampah

4. Menggunakan all in one cleaner (untuk pembersih dapur, meja & kursi kayu, kaca, lemak di kompor beserta furniture lain (sofa kulit sintetis), tentunya dengan lap basah yang berbeda disini aku pakai merk taft dari yuri)

5. Menggunakan sabun cuci piring yang formulanya bisa untuk piranti plastic juga (disini aku memakai merk Sunlight lemon) agar sabun yang dipakai tidak boros, bahkan bisa juga digunakan untuk menyikat kamar mandi serta mencuci brush untuk make up lho. Disarankan untuk menyikat kamar mandi 2 minggu sekali, jangan menggunakan pembersih keramik kamar mandi yang berbahan kimia keras, karena akan mengikis dan merusak kamar mandi. Rajin – rajin aja ngebersihinnya yaaa… Untuk pembersih kuas kosmetik dan sponge -nya selain dengan shampoo bayi bisa  juga menggunakan sabun cuci piring juga lho, cara dan reviewnya sudah banyak di internet, asalkan mencucinya dengan lembut menggunakan air hangat, di wadah bersih dan kuas juga bernar – benar bersih, maka kuas dan sponge pun akan tetap halus, bersih dan lembut.
Okedeh kira - kira baru segitu aja yaa caraku buat bikin segalanya jadi ringkes, cepet dan mudah. Biasanya persiapannya aku mulai pada hari libur kerja (sabtu / minggu) seperti membuat bumbu dasar, membuat teh kental, ungkep ayam, tempe dan tahu, mencuci pakaian, pel rumah, lap furnitur sama bersihin pajangan dan menyikat kamar mandi. Tapi kalau belanja groceries biasanya dilakuin sebulan 2 kali, dan jangan lupa pakai catatan lho, jangan kalap apa aja dibeli.

Lucu juga siy baca postinganku kali ini, hahaha mungkin ada yang berpikiran aku pelit bin medit atau gak setuju dengan pemikiranku ini. Tapi ya ambil yang baiknya sajalah yaa, dan menurut kepentingan masing - masing juga. Mungkin juga ada bisa share dan comment  lagi kira - kira ada  tips - tips lain untuk wanita bekerja (baca : karir) yang sibuk tapi masih harus menyelesaikan pekerjaan rumah tangganya.

See you next post yaa.. ciaoo...

15 comments:

Shinta said...

Harii gini mba ngga pelit bin medit hehehe

sukaa banget sama tipsnya. Terutama bagian bumbu merah dan bawang putih. Aku sering bikin dan juga itu sayuran pake koran hahaha samaa bangettt. Soalnya suka layu, eh dikasih tau mertua katanya pake koran.

Kalo setrika emang wajib ya mba, biarpun kudu bayar tapi daripada gempor sendirian. Lebih ngga enak lagi kalo ngga digosok :D

Nice share mbaa :D

Tian Lustiana said...

catet ah :D

Pakde Cholik said...

Tips yang aplikatif dan JAMU SINGSED (Jelas, Mudah difahami dan dilaksanakan, Singkat, dan Sederhana.
Terima kasih
Salam hangat dari Jombang

Ika Puspitasari said...

Penting nih dicatet, biarpun cuma kerja di rumah...
salam kenal mbak ;)

Juvmom said...

Wih boleh juga nih dicoba. Apalagi kalo punya bayi, biar gak ribet

Pipit Anwar said...

Thank you shinta, iya nih belajar dari trial n error juga, akhirnya nemu sela-nya, biasanya banyak bahan makanan yg sayang banget kebuang, nanti kalo ada tips lagi bakal ak share.. Thank you :)

Pipit Anwar said...

Sama sama pakde, makasi yaa

Pipit Anwar said...

Silakan tian, salam kenal :)

Pipit Anwar said...

Iya mbak, biasanya pagi yang riweuh bikin ibu rumah tangga juga kudu ngikutin jam masuk kerja suami atau sekolah anak.. Jadi ga musti melulu buat yang kerja aja lho.. Hehehe

Pipit Anwar said...

Hehehe iya juvmom, semoga aku bisa nyusul segera punya baby yah, biar bisa sharing lagi tips buat IRT yang punya baby...

Pengobatan Asam Urat said...

thanks tipsnya gan

fitrina kamalia said...

Bermanfaat banget sharingnya buat working mom dengan 2 anak seperti aku, salam kenal mbak...

Pipit Anwar said...

Makasi ya fitrina kamalia..
Alhamdulillah sekarang aku sedang hamil trimester pertama, dengan metode ini, ceillah, maksudnya cara - cara diatas sampai saat ini aku masih membuat sarapan dan bekal untuk suami, tapi sepulang kerja, kadang aku tidak maksain kondisiku yang sering cepat lelah.. Alhamdulillah suami mengerti, dan dia tidak ambil pusing dan akhirnya beli nasgor tek tek atau ketoprak yang katanya makanan untuk Ayah hamil hahaha...

Kharisma Rosalina said...

Wah, mbak rapi banget semuanya...sukaaa!
Boleh ditiru nih di rumah baru, hihi

urusandunia minyak kemiri said...

semangat mbak, emang ngurus keluarga dan karir itu benar2 perjuangan hehehe