Sunday, June 7, 2015

Tips & Trik Menempati Rumah Baru



image source : Google
Dear my lovely readers,
It’s been a longgggggg time since we moved to another house, ive never wrote any post yet. Antara perasaan haru, bingung, stress, cekak, bahagia dan sebagainya bercampur aduk jadi satu (alesan banget buat ga ngepost 1 semester, hahaha). Tapi bener lho, mo nulis blog tuh mualessss banget, padahal materinya banyak, somsenyah,, rutinitas tiap hari gak jauh jadi nyuci , tidur, kerja, masak and so on and on and on..
Image Source

Daan post hari ini aku mulai dengan curhat tentang pengalaman pindah rumah baru, yang notabene less info, ga punya PRT, jadi tetangga sekitar rumah yang paling muda.

Pasti semua orang yang pindah atau bahkan ngekost di suatu tempat yang jauh dari ortu pernah ngalamin fase pindah ini kan? Entah itu tempat kuliah yang jauh, ikut suami pindah kerja, sewa rumah biar pisah dari mertua atau beli rumah baru. Kebayang dong berapa rupiah yang harus dikeluarin, bukan hanya biaya pindah yang high budget, bahkan yang printilan pun memerlukan biaya ga sedikit.Dan kadang juga bikin ribut kecil antara suami istri, ngaku kannn?? hayo... Dulu nggak pernah mikirin saat meteran listrik mulai bunyi, gula di toples udah mau abis, bahkan odol sama batere jam dinding aja sekarang harus dipikirin...

Makanya dari pengalaman itu aku bagi menjadi beberapa step, supaya pindahan bukan sesuatu yang ngeribetin, tapi fun, Here is the step :

1. Cari rumah / tempat kost yang mudah dijangkau dalam arti, mudah dijangkau dari segi dana, maupun lokasinya serta lengkap fasilitas pendukungnya. Step ini akan saya skip, karena tentu aja bakalan panjang penjabaranannya, jika ada mau yang mau cari info tentang beli rumah dengan KPR sampai berhasil, DISINI post nya.
2. Cek kembali keperluan vital rumah seperti :
  • Listrik
  • Telp
  • Air
  • TV Cable
  • Internet
  • Jasa Pembuangan sampah 

3. Buat List barang – barang yang harus dimiliki penghuni rumah / kost baru, minimal punya daftar berikut: 

PERLENGKAPAN TIDUR 
Set Tempat Tidur
Lemari

PERLENGKAPAN DAPUR 
Piring + Gelas
Rak Piring
Lap Piring
Pisau + Talenan
Panci Set
Kulkas
Kompor
Magic Jar
Termos
Gas
Aqua Galon
Sodet / Sutil
Sendok
Wajan
Spons Cuci Piring 

PERLENGKAPAN LAUNDRY 
Mesin Cuci
Setrika
Papan Setrika
Jemuran
Bak Cuci
Hanger
Laundry Basket
Sikat Cuci 

PERLENGKAPAN LISTRIK 
Kabel Rol
Senter 
AC/Kipas Angin


PERLENGKAPAN KEBERSIHAN 
Sapu Ijuk
Pengki
Sapu Lidi
Ember
Kain Pel
Sikat Dorong
Karet Dorong
Tempat Sampah
Kanebo
Gayung
Centong Nasi 

OPTIONAL 
Sofa Ruang Tamu
Dispenser
Blender
Bantal Duduk
Lampu Tidur
Kitchen Set
Gordyn
Food Processor
Vaccum Cleaner
Slowcooker
Rak Sepatu
Cermin Kamar Mandi
Hood / Penghisap Bau Masakan

Ini cuma list daftar vital yang harus ada menurut kebutuhan saya lho beserta budgetnya yang terbatas. Menuhinnya juga bertahap, mulai dari keluar masuk Ace Hardware, Informa, Ikea (keluar masuk doang... hahaha) pasar modern, pasar becek, sampai ke Jatinegara segala.. As you know, sometimes, that cute things can be found anywhere... Sering banget keluar masuk ke mall sebut aja low - middle mall yang salah satu outletnya jual barang serba 8K atau kelipatannya yang barangnya lucu - lucu banget dan murah banget. Dan saat kluar dari sana, saya beli kaca kamar mandi bentuk bulat hanya seharga 32K!!!! OMG! Atau nemu harvest mason jar glass cuma 8K di outletnya Kedaung Grup.

4. Packing barang – barang untuk pindahan per jenis barang dalam box, Buat list dan  label tertentu untuk ditempel  tiap masing masing keperluan di dalam box  misalnya label untuk barang – barang ruang tamu, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dsb. Jadi pas mau relokasi barang, semuanya jadi gampang ditemuin.  Jangan lupa bubuhkan tulisan Fragile/mudah pecah untuk barang tertentu”. 
image source : sxc.hu
image source : sxc.hu

Hubungi Jasa pindahan rumah, minimal sewa mobil bak untuk angkut barang dari rumah sebelumnya. 
image source : sxc.hu
Buat pemberitahuan kepada bank, instansi terkait maupun kolega dan teman – teman atas alamat pindah yang baru. Antara lain :
  • Alamat kotak pos
  • Tagihan kartu kredit
  • Tagihan lainnya
  • Keperluan bank
  • Asuransi
  • Pajak
  • Dsb

5. Setelah itu, datangi tokoh masyarakat setempat (RT, RW, Kelurahan setempat dan buat laporan kependudukan), manut sama peribahasa  dimana langit dijunjung, disitu tanah dipijak. Maksudnya, jangan belagu jadi orang, namanya orang baru, jangan konyol, minimal tebar senyum sama tetangga, hadapi tetangga yang super kepo, apapun modelnya. Jangan lupa, kalo bisa kasih pelicin, minimal pisang goreng anget buat tetangga.. Kadang nggak menampik kalau tinggal dikomplek maupun dikampung pasti pertanyaan pertamanya adalah “Orang mana?”. Siapapun kamu, dari manapun kamu, itu nggak penting, yang penting adalah jaga manner, sopan sama yang tua, cari temen sebanyak – banyaknya, walaupun jangan langsung percayaan sama orang, tapi setidaknya good mark buat kita pada saat pertama kali bertetangga.

6. Buat acara selamatan rumah, tidak perlu yang mewah, paling tidak menjadi ajang berkenalan sesama tetangga karena juga minta doa dari mereka agar rumah yang kita tempati menjadi berkah dan nyaman untuk ditinggali.

7.Kemudian baru kebutuhan sekunder dipenuhi seperti buat kitchen set, tambah wardrobe baru, tempel wallpaper, dsb. Ini nih pembahasan yang harus lebih lanjut untuk dibuat post lebih spesifik. Karena selain makan waktu, budget yang gede juga diperluin banget, jaman sekarang, yang namanya barang kualitas sama , harga bisa beda, bisa jadi sebaliknya. Tinggal pinter - pinter kita nawar aja, searching di internet sama jangan mau ditipu.
Itu pengalaman saya loh, karena emang on budget, jadi pemenuhan kebutuhan plus perintilannya pun bertahap!

Good Luck on you, semoga rumah yang ditinggali nyaman, aman dan yang terpenting berkah...

1 comment:

rumah dijual said...

RUMAH JAWA JOGJA menjual dan melayani pesanan segala macam rumah jawa dan melayani jasa membangun rumah jawa siap huni untuk hunian, pendopo, rumah makan, cottage, guest house, dan lain sebagainya. Tim ahli dan segala keperluan pembangunan yang Anda butuhkan semua ada pada kami sehingga memudahkan Anda mengontrol pembangunan hanya dengan satu pintu.
Layanan kami :
-Jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung , rumah geladak / rumah panggung kayu, lintring, gazebo, kandang sapi / kandang kebo, gebyok dll.
-Jasa bongkar pasang segala type rumah jawa.
-Jasa membangun rumah jawa siap huni
RUMAH JAWA JOGJA beda dengan yang lain karena kami bukan sekedar membangun rumah namun kami membangun hunian yang layak, aman, nyaman, artistik, keren dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jasa yang kami tawarkan juga sangat berbeda dengan yang lainnya karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik, tenaga kerja yang ahli dibidangnya, terlatih, profesional, loyal, jujur, bertanggung jawab dan selalu mengedepankan keamanan sesuai dengan standar kontruksi di Indonesia.
Info lengkap rumah dijual silahkan kunjungi situs resmi kami www.limasanjati.com