Friday, August 2, 2013

KUE KERING SAGU COKELAT CRUNCHY

Gambar dari majalah sedap
Hi dear, mulai lagi nih proyek buat kue, tapi bukan untuk komersil sih, untuk konsumsi pribadi, karena tahun ini adalah lebaran yang amat berbeda, diriku sudah tak single lagi, jadi pembagian kue lebaran pun serba dobel, pihak keluarga dan pihak mertua hehehe, makanya bakalan kewalahan banget kalo buatnya banyak...

Oiya, aku dapet resep ini dari majalah sedap, tapi udah aku modif, karena sangat amat bergantung dengan kondisi stock bahan kue dirumah hihihi, dari resep dibawah ini yang ditiadakan adalah kelapa kering dan susu evaporated. Tapi rasanya gak kalah enak koq,tetep renyah dan enak. Bedanya adalah resep majalah sedap yang menggunakan susu evaporated, tekstur adonannya lebih lembek, sehingga bisa dibentuk dengan menggunakan spuit berbentuk bunga seperti gambar diatas. Sedangkan resep yang sudah aku modif, teksturnya lebih padat, dan hanya bisa dibentuk dengan menggunakan cetakan.

Step yang sangat penting adalah jangan lupa untuk sangrai tepung sagu tani dengan api kecil, aduk terus jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan, cukup sampai sagu tani terasa lebih ringan daripada sebelumnya. Tujuannya untuk mengurangi kadar air yang ada dalam sagu, sehingga lebih renyah.

Step yang juga sangat penting adalah, pengocokan dengan mixer hanya digunakan pada saat pencampuran mentega, gula dan telur. Sedangkan pada saat tepung dimasukkan, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu secara bertahap supaya adonan tercampur rata, dan cookies yang dihasilkan tidak keras. Dan jangan lupa memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan cookies, agar tidak bantat.

Recipe By Majalah Sedap

50 Gr Margarin
50 Gr Butter
1 Btr Kuning Telur
¼ Sdt Cokelat Pasta
200 Gr Tepung Sagu Tani
30 Gr Cokelat Bubuk
50 Gr Susu Bubuk
50 Gram Chocochip Untuk Hiasan
1 sdm milk flavoured (optional)

Cara membuat
  1. Panaskan oven suhu 140-150'C. Siapkan loyang datar dan tipis dan oles dengan margarin. Sisihkan 
  2. Sangrai tepung sagu tani dengan api kecil, aduk terus jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan, cukup sampai sagu tani terasa lebih ringan daripada sebelumnya ketika diaduk, sisihkan
  3. Ayak tepung sagu yang sudah dingin bersama cokelat bubuk, susu bubuk, sisihkan
  4. Kocok margarin , butter dan gula, jangan terlalu lama, cukup hanya sampai adonan sedikit pucat dan rata. karena semakin lama adonan dikocok, kue kering yang dihasilkan justru akan terlalu melebar.
  5. Masukkan kuning telur satu persatu dengan mixer sampai tercampur rata,
  6. Masukkan tepung sagu yang sudah diayak kedalam kocokan mentega , lalu diaduk dengan sendok kayu sampai rata, masukkan tepung sagu secara bertahap secara perlahan hingga kalis.
  7. Giling adonan kira – kira setebal 1 cm, dan bentuk sesuai selera, taburi chocochip/coco crunch sebagai topping sambil agak ditekan supaya menempel
  8. Panggang dalam oven dengan suhu 150-180 derajat selama 25 menit, jangan lebih dari 200 derajat , angkat, angin – anginkan dan taruh dalam wadah toples 

Topping variasi chocochips
   
Topping variasi Coco Crunch

Im so addicted, can i eat more? hehehe

Okedeh, That's it, kalo step diatas bener-bener diikutin, pasti ga bakalan gagal deh, soalnya aku juga baru pertama kali pakai resep ini. Hehehe, selamat mencoba ya :)

BACA JUGA!!






RESEP MOTHER'S BIRTHDAY CAKE
RESEP CAKE TEKNIK AU BAIN MARIE