Saturday, August 3, 2013

KUE KERING KASTENGELS

Gambar dari majalah sedap
Hi readers,
Dihari yang sama sesaat setelah selesai membuat KUE KERING PUTIH SALJU KACANG MEDE mumpung tenaga masih kuat, lanjut deh ngerjain resep selanjutnya dan masih jam 12 siang juga, sekalian ngabu-burit jugaa. Jadilah buat Kue keju yang konon katanya resep inlander ini.  Maklum belanda lumayan lama jajah negeri kita ini hihihi jadi ngalor ngidul. 
Back to top! Lagi-lagi jangan lupa Step yang sangat penting yaitu jangan lupa untuk sangrai tepung terigu dengan api kecil, aduk terus jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan, cukup sampai tepung terigu terasa lebih ringan daripada sebelumnya. Tujuannya untuk mengurangi kadar air yang ada dalam tepung, sehingga lebih renyah.
Aku akan selalu ngingetin supaya Step yang juga sangat penting adalah, pengocokan dengan mixer hanya digunakan pada saat pencampuran mentega, garam, kaldu bubuk dan telur. Sedangkan pada saat tepung dimasukkan, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu secara bertahap supaya adonan tercampur rata, dan cookies yang dihasilkan tidak keras. Dan jangan lupa memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan cookies, agar tidak bantat.
Resep dari majalah sedap ini udah aku modif, keju yang aku pergunain ada dua jenis keju ; keju cheddar kraft dan keju edam supaya rasanya ngeju banget. Keju edam bisa diganti dengan keju edam merk cheesy yang harganya lebih ekonomis. Begitu pula margarin yang aku campur dengan butter.  

Keju Edam
 
Keju ini wujudnya berwarna kuning terang, biasanya berbentuk bulat-bulat besar seperti jeruk. Keju tradisional ini berasal dari negara Belanda. Karakteristik keju ini, bagian luarnya dilapisi paraffin berwarna  dan dari segi rasanya lembut seperti rasa kacang dan aromanya tidak terlalu menyengat. Keju ini cukup baik dikonsumsi karena kandungan lemaknya rendah, dan lebih cocok dimakan langsung daripada untuk memasak. Sumber 

Proses pemarutan keju juga jangan sembarangan, kalo keju yang masuk ke adonan harus diparut tipis - tipis dan jangan terlalu ditekan, supaya pada saat dipanggang kejunya menyatu dengan adonan. Sedangkan keju untuk taburan sebaiknya diparut agak ditekan supaya tidak gampang patah dan hasilnya cantik. 

Recipe By Majalah Sedap

150 gram margarin (120 gram margarin 30 gr butter)
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk *optional
1 kuning telur
1 sendok makan putih telur
150 gram keju (100gr keju cheddar, 50 gr keju edam) parut halus, diangin-anginkan agar kering
200 gram tepung terigu protein sedang


Bahan olesan (aduk rata):
2 kuning telur

Bahan taburan:
100 gram keju cheddar parut


Cara membuat
  1. Panaskan oven suhu 140-150'C. Siapkan loyang datar dan tipis dan oles dengan margarin. Sisihkan 
  2. Sangrai tepung terigu dengan api kecil, aduk terus jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan, cukup sampai tepung terasa lebih ringan daripada sebelumnya ketika diaduk, sisihkan
  3. Kocok margarin , butter, garam, dan kaldu ayam bubuk, jangan terlalu lama, cukup hanya sampai adonan sedikit pucat dan rata. karena semakin lama adonan dikocok, kue kering yang dihasilkan justru akan terlalu melebar.
  4. Masukkan kuning telur satu persatu dan putih telur dengan mixer sampai tercampur rata,
  5. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak kedalam kocokan mentega , lalu diaduk dengan sendok kayu sampai rata, masukkan tepung terigu secara bertahap secara perlahan hingga kalis.
  6. Giling adonan kira – kira setebal 1 cm, dan bentuk sesuai selera, Oles dengan bahan olesan. taburi keju parut sebagai topping.
  7. Oven 45 menit dengan suhu 140 derajat Celsius sampai matang.

Menghindari ribet, tidak perlu menunggu setengah matang baru dioles kuning telur dan ditaburi keju




Get ready to prove the taste :9
Selamat mencoba yaa, can't wait for another recipe :)

BACA JUGA!!






RESEP MOTHER'S BIRTHDAY CAKE

No comments :