Thursday, July 18, 2013

Make Up Course Part I

Hi Readers howdy,,,

Aku mau berbagi pengalaman kursus makeup buat ngisi aktifitas ramadhan ini, self make up adalah hobby yang menurutku harus dikembangin lagi, syukur – syukur bisa diaplikasiin ke orang – orang sekitar hehehe. Sebelumnya sih aku sudah pernah make up-in sodara – sodara untuk acara wisuda,  pagar ayu, prom night, ibu – ibu qosidahan bahkan pas acara lamaran aku sendiri disini.

Hobby ini sama seperti aku membuat cake, seneng buatnya, dapet duit pula hihihi. Mungkin ini disebut hobby maupun bakat, makanya untuk membuat lebih mahir, aku ikutin kursus make up di d’treatment millik mba tata. Masih ingat kan di post aku yang disini, aku pernah sewa baju design Hengky Kawilarang untuk akad nikah. Sayangnya hanya sewa baju tanpa rias make upnya, makanya masih penasaran minta diajarin make up sama mba tata, karena hasilnya smooth tapi tetep manglingi, tanpa merubah ciri khas si empunya wajah.

Sebelum curhatnya makin melebar, post tentang make up course ini aku bagi menjadi 2 bagian :


MakeUp Course Part I 
Isinya tentang berbagai macam (ingredients) make up yang aku aplikasikan pada saat self make up, beserta review produk tersebut 

MakeUp Course Part II 
Isinya tentang cara pengaplikasian make up, dan sharing beauty tipsnya



Make Up Course Part I


Dibawah ini bakalan aku sebutin, apa aja make up yang aku pakai pada saat pengaplikasian self make make up course ini, beberapa jenis produk terdiri dari 2 jenis brand, supaya bisa tau perbedaan dari keduanya, tentunya dalam waktu yang berbeda pula. 

1. Base Make up 
Base ini sangat penting digunakan yang fungsinya adalah selain membuat pori –pori wajah lebih halus juga supaya make up lebih tahan lama. 

Ultra Make-up Base by krayolan 
Jangan takut dengan warna hijau dari base ini, karena tidak aka membuat mukamu menjadi the mask ataupun the hulk hehehe. Hasilnya muka menjadi lebih smooth, make up set, ga bergeser sama sekali, tapi agak oily di mukaku


Ultra Make-up Base
Base magique by loreal 
Teksturnya yang lebih kental seperti mousse, membuatnya susah untuk diblend, tips dari mba tata, jangan lupa spray all of your face with watermist before I applied it. Sehingga aplikasi base ini pun lebih merata. Hasilnya muka menjadi lebih matte, feels like canvas, dan ga berminyak
 
2. Foundation 
Foundation juga dipalikasikan untuk menutup semua dosa yang ada di wajah, saran dari mba tata untuk pemula pemakaian foundation cukup ditap – tap ke muka dengan spons basah (jika creamy foundationI atau dengan jari (jika liquid foundation)


Caring Colours Stay True Foundation 
Teksturnya yang cair ini membuat pengaplikasiaannya yang mudah, sayangnya kurang mengcover seluruh dosa (flek, bekas jerawat, finelines) di wajah, namun lebih “enteng” di muka dan bisa dipakai sehari - hari

 



Delicate Cream Make up in netral by Ultima II 
Foundation padat ini harus sangat tricky mengaplikasikannya, karena salah- salah bakalan bikin muka blentang blentong alias ga rata, makanya harus sabar tap – tap foundation ini sengan spons basah. Semua dosa dimuka termasuk flek jerawat dan kantung mata bisa disamarkan walaupun tanpa bantuan concealer.

Delicate Cream Make up in netral
3. Shading 
Shading Supracolor Palette 12 Colors by crayolan diperlukan untuk mengkoreksi bagian wajah yang kurang simetris, tips dari mba tata, shading diperlukan untuk mengkoreksi seluruh jenis wajah (bulat, kotak, panjang,segitiga dsb) yang ada dibawah ini agar bentuknya dibuat menjadi sempurna atau berbentuk seperti lonjong.


Supracolor Palette 12 Colors

Berbagai macam bentuk wajah

Bagian wajah yang seharusnya di shading

4. Loose Powder
The Nakeds Face Powder by ultima berguna untuk menset foundation agar lebih matte dan Bahannya mudah menyerap minyak diwajah dan menutupi pori-pori wajah lebih sempurna, dalam post disini aku menggunakan markcs loose powder, tapi ternyata loose powder dari ultima ini lebih nendang dan lebih tahan minyak.

The Nakeds Face Powder
5. Compact powder 
Diperlukan untuk mengunci seluruh dasar make up sebelumnya agar lebih tahan lama, dan aku menggunakan MAC Studio Fix Powder Plus Foundation NC 42, hasilnya lebih matte, lebih menutup sempurna walaupun pemakaian yang sedikit saja. Kenapa aku lebih suka MAC NC 42, karena foundation sebelumnya sudah berwarna lebih light, jadi ga akan membuat whitecast pada saat difoto.

MAC Studio Fix Powder Plus Foundation



Sedangkan penggunaan Ultima II WONDERWEAR Pressed Powder shade netral lebih dianjurkan mba tata agar muka lebih bright, tetapi aku masih takut whitecast kalau kebanyakan pakai TWC ini. 

 

6. Eyebrow 
Eyebrow VIVA brown memang juara, sayangnya warnanya agak kemerahan tetapi aku antisipasi dengan pulasan mascara tipis – tipis setelahnya.

Eyebrow VIVA

7. Eyebase 
Sama seperti base make up, eyebase ini digunakan agar eyeshadow lebih tahan lama dan warnanya lebih keluar. 

La Tulipe Eyebase 
Selain harga yang ekonomis, ternyata La tulipe eyebase ini lebih tahan air juga, dan membuat warna eyeshadow lebih keluar, namun teksturnya yang padat membuat eyeshadow pun susah diblend.

La Tulipe Eyebase
NYX HD Eye Shadow Base 
Mirip seperti juaranya eye base si Urban Decay, eyeshadow yang diaplikasikan menjadi lebih glides along my eyelid dan lebih membaur, sehingga gradasi yang saya buat menjadi lebih smooth.

NYX HD Eye Shadow Base


8. Eyeshadow 
Nyx soho glam collection sudah cukup lengkap Bisa untuk natural, dramatic atau smoky eye sekalipun

Nyx soho glam collection
9. Eyeliner 
Dipakai untuk membingkai mata dan membuat mata lebih simetris, namun penggunaannya harus bertahap, jangan langsung tebal, karena menurut mba tata, hasil akhir eyeliner tiap orang berbeda, ada yang mebuat orang tersebut menjadi belo, winged eye (seperti bentuk sayap), jutek, bahkan tidak pantas. Penggunaan Liquid Eyeliner Pixy dan Geliner silky girl sudah dibahas disini
Liquid Eyeliner Pixy
Geliner silky girl

10. Mascara 
Fungsi mascara bermacam – macam antara lain  Menebalkan (Thickening Mascara), Melentikkan (Curling Mascara), Memanjangkan (Lengthening Mascara). Disini aku mencoba mascara andalan mba tata Loreal Volume Shocking Waterproof, mascara dua lapis ini selain untuk mempertebal, ternyata hasil akhirnya sangat mirip dengan memakai bulu mata palsu, karena bentuk sisir mascaranya yang unik yang sayangnya sudah discontinued. Sedangkan Maybelinne falsies sudah dibahas di post ini



Loreal Volume Shocking Waterproof

11. Blush on & bronzer 
Penggunaan LT Pro Powder Blush & bronzer tidak perlu terlalu tebal, hanya sampai bersemu memerah aja, jangan sampai lebay karena kunci dari hasil riasan make up yang manis adalah blush on di apple cheek (tonjolan pipi) dan bronzer di tulang alis sebelah dalam.


LT Pro Powder Blush


 

12. Lipstick 
Aku jarang sekali pakai lipstick, koleksi lipstick aku yaa cuma ini aja si Wardah Lip Pallete, sampai diketawain sama mba tata, karena suamiku ga suka aku pakai lipstick, cuma mba tata bilang lucu klo ngga pakai lipstick, masa mata dan muka udah merong – merong tapi bibirnya pucat kaya mayat LOL


Wardah Lip Pallete

Mungkin pembahasan diatas masih rada membingungkan para readers yaa, makanya jangan takut mencoba yaa dan review dari cosmetics diatas hanya berdasarkan menurut pendapatku loh, bebaslah mengaplikasikan brand apapun, dan sesuai kesukaan masing – masing,  tetapi dari hasil riasan diatas, aku jadi lebih tahu, mana yang dibutuhkan atau tidak dan mana yang cocok atau tidak hehehe. Oiya Jangan lupa buka bagian Make Up Course Part II yaa, untuk penampakan hasil akhirnya.  

Me and Mba Tata