Saturday, February 2, 2013

Honeymoon Part II : Singapore

Kali ini aku bakal cerita honeymoon selanjutnya, setelah sukses menjambangi bandung beberapa waktu yang lalu di Honeymoon Part I. Dan akhirnya kita mutusin untuk ga pergi jauh - jauh, cukup asia tenggara aja, biar uang angpaunya bisa dipakai untuk hidup beberapa waktu kedepan hehe, dan lagian udah kelamaan pula, itung - itung irit cuti.

Maybe udah beratus – ratus kali orang mereview dan mempost di blog tentang trip to Singapore, tapi disini aku bakal jelasin, gimana 2 anak labil Jakarta yang niatnya mau numpang honeymoon, tapi terjebak dikehidupan hedon singapur, bukan hedon dalam arti sebenarnya tapi ga tau bagaimana cara menggunakan dolar singapur dengan baik, sehingga pas dikurs ke rupiah membengkak pula tagihannya. Sebelum pos ini dibuat, afis sempet nyumbang ide, gimana kalo judul post kamu “Tour De Sin for dummies” hahaha. Bodoh bukan berarti ga tau apa-apa, tapi bodoh dalam hal gunain duit seboros – borosnya untuk hal sepelelah kaya beli roti breadtalk, quiznos sama beard papa's jauh – jauh di Sin, padahal disini juga buanyakk, beli pulsalah, nebus foto buat dicetaklah, naik - naik wahana yang ga pentinglah, dari hal yang menil – menil itu akhirnya ngabisin dolar kita lembar per lembar..

DAY 1: 23/1/13
Lion Air JKT-Sing (16.25)
Deg –degan bisa telat naik taksi karena paginya harus ngantor dulu biar keitung izin bukan cuti, jadi masuk setengah hari, udah gitu ujan lebat, arah menuju bandara macet parah. Udah jam 16.00, mana udah musti check in sejam sebelumnya, tapi ternyata pas sampai bandara gate masih dibuka karena pesawat juga telat landingnya, Alhamdulillah
Tips 1 : Buat Rencana Perjalanan Disana
Karena Waktu yang dihabiskan hanya 4 hari 3 malam, makanya kita sepakat buat rencana perjalanan supaya, tidak ngalor ngidul yang berujung malah ga kesampean semuanya.
Tips 1 : isi form imigrasi selengkap - lengkapnya
This wasn’t my first time to Sin by ourself, karena biasanya segala – galanya udah diurus sama orang tour termasuk mengisi data imigrasi, jadi yaa dasar penganten cuek, main stand in line aja pas antri depan petugas imigrasi. Dan dengan muka sangar bin galak, kita diusir sama petugas imigrasinya suruh isi form imigrasi dulu. Hahaha... berdua bukannya tegang abis diomelin dinegeri orang, malah ketawa terbahak bahak. Si afis sambil ngomong “kita baru tiba aja udah ditolak”. Sempet dua kali diusir dan disuruh ngatri lagi gara – gara disitu tertulis alamat, yaa kita kosongin aja, kan kita pikir ga punya rumah di Sin hahaha, ternyata isi alamat maksudnya lokasi hotel juga harus ditulis, biar ga disangka ngegembel disana kali atau numpang idup hehehe. 

Tips 2 : Ganti simcard dengan simcard sana
Masih belum jelas gimana maksudnya kenapa mesti ganti simcard sana, berdasarkan pengalaman bos yang udah wara – wiri tiap bulan kesana,  jadi yaa percaya banget kita mesti ganti simcard, dan orang counternya bilang, klo pakai blackberry harus isi pulsa minimal $50/each = Skitar Rp 375.000 or something dikali dua pula, dan emang dasar oon, jadi yaa iya – iya aja disuruh isi sebanyak itu. Padahal isi $15 juga cukup untuk 3 hari, sekedar mo say hello, narsis upload ke IG atau ganti DP bbm doang mo ngabarin klo gw diluar negri loh.

Perut keroncongan minta makan, akhirnya kita isi perut sama sandwich quiznos, yang kata ibu bos (Red:Bu Cynthia), enakkk banget, ini dia penampakkan sandwichnya, rasanya lumayan sih dengan harga $5 isi dagingnya sueper buanyak, bahkan kita bisa makan 1 untuk berdua

Tips 3 : Beli tiket MRT (Underground transportation)
 Sandwich Quiznos

This wasn’t my first time to Sin but this is my first time with MRT, maklumlah biasa naik bus charteran tour, jadi masih bego – sebegonya gimana beli tiket MRT maupun reload klo udah mo abis. Untungnya di Jakarta kita dipilihin hotel yang terminalnya paling strategis, dan semua kereta MRT dari warna apapun ada di dhoby ghaut station ini nama hotelnya Innotel di 11 Penang Lane, Orchard, Singapore 238485. Kemanapun pergi pakai MRT ini., tentunya juga cari lokasi wisata yang dekat dengan station ini, karena ongkos taxi disana mahal, dan kalau mau naik bis, takut nyasar.Gampang banget koq naik MRT, Disitu udah ada warna-warnya, jalurnya, tujuan kemana + ada peta setiap station. 


MRT Station 

Tips 4 : Ikutin Rule di Negara tersebut
Ga boleh ngrokok disembarang tempat yaa jangan, ga boleh buang sampah sembarangan, jangan makan atau minum di MRT, Jangan asal pesen delivery order dari hotel trus tiba – tiba matiin hp, karena dia akan tau siapa yang telpon dan tinggal dimana, huihh hebatnya. Data kita kerecord di Sin, pada saat awal masuk sana, jadi jangan iseng2 berhadiah deh.

Dhoby Ghaut MRT Station
Sampe di innotel hotel, niatnya pengin menjelajahi daerah sekitar hotel, tadinya si pengen nyobain nonton di bioskop sana, tapi ka ivan bilang (anaknya bu bos) bioskop di indo lebih bagus dan lebih luas.  Jadi malem pertama cuma delivery order MCD, jalan kaki sekitar hotel, terus mandi dan Bobo-boboan hehehe


 Jangan harep ada paket nasi dinegara ini, susah cari nasi di MCD

DAY 2 : 24/1/13 

Pagi ini niatnya ke universal studio, tapi jangan lupa sarapan pake quiznos + Mcd tadi malem, Naik MRT dari Dhoby Ghaut  kearah bawah di peta, station Harbour Front lewat jalur warna ungu. Di Resort World Sentosa bingung, mana dulu nih yang dijelajahin, semuanya bayar bokk. Secara masuk universal (Indo : Dufan) aja $100/each, belom si afis minta ke marine life park (indo : seaworld), blm dia minta naik sky luge, belom segala foto yang didokumentasiin di tiap wahana kalo mau dicetak as souvenir bayarnya $20/sheet. Emang enteng si ngluarinya tapi kalo dikali kurs saat itu per dolarnya skitaran Rp. 7.800,- 

Oiya bagi yang muslim kalo mau makan halal di deket universal studio hanya nasi lemak lho, dan menurutku yaa itu juga yang paling murah hanya $2 aja tapi teh tariknya beda lagi. Dan nyobain teh tarik di Negara – Negara Asia Tenggara is a must, dan rata –rata teh tarik di Sinn itu enak. 

Satu lagi kalo keabisan dollar bisa ambil atm koq disana, disana banyak atm yang terima visa untuk ambil uang contohnyapakai kartu atm Bank Mandiri. 
Marine life park
Universal Castle
we are BIG family
Transformer nest permintaan khusus
sky luge
Salah satu atm yang bisa dipakai untuk mandiri
Pulang dari sentosa kita lanjut ke China town, disini nih pasar pagi (glodok)-nya Singapura, rata – rata untuk souvenir $10 untuk 3 pc barang tertentu, rasanya ngluarin $10 lucu – lucu aja pas digabungin jadi $200 hanya untuk oleh – oleh.
Chinatown : http://www.yoursingapore.com
Balik ke hotel, Sambil bengong – bengong naik MRT ngebatin, ohh kalo orang Sin tuh individualist banget yaa, pulang kerja kemana – mana ga tegoran, cuma bawa tas, gadget, kuping disumpel earphone, jalannya cepet banget. Rasanya ga bisa leha – leha kaya di indon, ketawa ketiwi, gegayaan kaya anak labil pake mobil masing – masing, kalo disini mah clubbing aja naik MRT. 
Bosku bilang klo ga kaya banget ga bakal punya mobil disini, disini gaji tinggi, biaya hidup juga tinggi, orang sini nyari duit cuma buat menuhin kebutuhan hidup aja, kalo mau plesir yaa dateng ke negara lain yang lebih murah. Wong bosku aja yang kayanya udah tujuh turunan naik tanjakkan aja mikir – mikir mo beli apartemen disini. Oops jadi nglantur.  

Kita istirahat dulu, mandi dulu untuk lanjut ke trip selanjutnya, Clarke Quay, Naik MRT dari Dhoby Ghaut  kearah bawah peta naik jalur warna ungu. Ka Ivan bilang, Clarke Quay itu tempat anak gaulnya orang Sin, mulai dari kafe, club, pertunjukkan seni jalanan, jajanan kaki lima yang lokasinya dipinggir sungai gitu. Tempatnya sih asik kalo cuma sekedar jalan – jalan aja, tapi katanya sih kalo mau makan – makan dikafe pinggir sungai ini harganya cukup mahal. Jangan keasikan juga yaa, jalan – jalan malem kalau pulangnya masih mau naik MRT, karna jam operasi MRT hanya sampe jam 12malem , selebihnya taksi atau bus.

Tempat Gahul Clarke Quay
Day 3 : 25/1/13
Rencana hari ini mau ke singa muncrat Merlion Park, itu loh patung singa yang terkenal itu, konon katanya, belom kesana klo belom foto dideketnya, Naik MRT dari Dhoby Ghaut  ke jalur merah, lagi – lagi naik MRT itu ga seenaknya kaya naik taksi, langsung tiba dibiji mata, aku sempet kesasar di Suntec city mall, karena pas turun dari MRT langsung connect ke Suntec City Mall. Yaa gpp juga siy nyasar, jadi nyobain breadtalk buatan sana, yang ga pelit topping di rotinya kaya dijakarta, tapi ampuuun jauh banget, muncul – muncul ke permukaan taunya ada di dalem esplanade theater, yang gedungnya mirip buah duren, sempet eksplorasi ke dalem – dalem esplanade, disini baru berasa deh kalo kita masih sodaraan sama orang Sin, karena ada banyak display gambar yang ngejelasin foto – foto cina benteng,  betawi cina, palembang, arab dsb. Akhirnya afis males ke singa muncratnya, cukup foto dari kejauhan aja. 

Marina bay sands mall
Ga jauh dari esplanade theater, kita bisa jalan terus di mall bawah tanahnya suntec city tembus ke  casino marina bay sands mall. Disini baru kerasa hedonisme orang – orang sin, dimana brand – brand super mahal ada di mal itu, dan  berada di level Rich – Richest. 
Seperti biasa dong yaa, belom ke Sing klo ga pernah nyobain Rooftop levelnya marina bay namanya Kantilever Sands SkyPark , dibenak udah kebayang aja nih bisa berenang diatas gedung yang mungkin paling tinggi di Singapura. Ternyata ohh ternyata meskipun udah bayar $20/each tetep ga bisa bertengger dikolam renang, terkecuali orang – orang yang nginep dihotel marina, dan turun 1 level dibawahnya trus ga ada kolam renangnya *sigh,Sama bae deh kaya naik monas dibetawi, tadinya mau ke Gardens by the Bay (Taman Botanic Indoor) tapi karena baru buka, transportasi kesananya juga ribet, ada jadwalnya gitu padahal cuma beda 1 blok dari marina.

Kantilever Sands SkyPark
 
Singapura from the sky
Akhirnya Lanjut Bugis street Naik MRT dari Dhoby Ghaut  kearah cityhall jalur merah, disini nih kurang lebih mirip asemka atau mangga duanya indo, bajunya bagus – bagus tapi ga mau overweight, jadi duit diabisin buat oleh – oleh sama makan - makan doang. *Ngeles, bilang aja kere :P
Yang enak itu sate pentul, sate yang mirip sate fiesta kalo lagi ada acara di PRJ. Mostly barang – barangnya sama persis kaya di china town, tetapi harganya lebih mahal dikit dari china town. Tempatnya yang cukup luas, rasanya betis pating pecotot, mo copot.  

Bugis street : google
Seperti biasa Balik ke hotel, kita istirahat dulu, mandi dulu untuk lanjut ke trip selanjutnya lanjut ke Mustafa Centre Naik MRT dari Dhoby Ghaut  kearah Little India Naik Jalur ungu . Mo beli oleh – oleh cokelat ni ceritanya, konsep tokonya sih Palugada (apa lu mau gw ada!) mau dari peniti sampai jam merk guess dan lainnya juga ada, sebenernya aku mau beli kosmetik disini, tp koq yaa klo dikurs lebih mahal dari pada di indo, kemarin mo ke Sephora Plaza Singapura juga ga sempet, saving money aja deh yaa buat belanja di duty free nanti. 
Mustafa center http://www.yoursingapore.com
DAY 4 : 26/1/13
Duit kritis, atm menipis, meringis… Kedipin suami, minta digesekin lagi. Ga gentar lat – liat deretan mal Orchard Shopping Centre dijalanan orchad road, mirip kompleks mall Grand Indo - Thamrin City – Plaza Indonesia-nya Jakarta, sambil makan es roti yang legendaris itu, termasuk penjualnya pun legendaris karena kebanyakan manula.  

Orchard Shopping Centre mallnya sempit – sempit, dan semua yang ada disini, dijakarta juga ada, kecuali sephora, cotton on, ruby. Jadi inceran gw banget deh pokoknya.
Es roti : Google

Makanan terenak di Sin, Nasi padang rasa jawa
Abis ini ga kerasa udah 4 hari di Singapura, rasanya mau lagi dan lagi lebih lama disini, malas dengan kenyatan holiday is over, dan ga kemana - mana lagi jalannya ga mau  jauh jauh dari hotel karena takut telat ke airportnya. Siap – siap beresin koper, dan balik ke jekardah, tak lupa membeli oleh – oleh di duty free.  Bye – bye Sing, city never sleep.   

BACA JUGA!!
Honeymoon Part I : Bandung 
Honeymoon Part III : Singapore              

2 comments:

Raymond Steven said...

Ceritanya bagus & jelas banget.. mestinya klo yg mau ke singapore, baca dulu blog ini.. soalnya pas gw ke singapore, sama rasanya kaya gitu juga.. wkwkwkwkwk..

Pipit Anwar said...

Hehe thanks yaa, mgkn ini buat yang backpacker jugaa... CMIIW