Saturday, December 15, 2012

Tradisi Penyerahan makanan "Nasi Jotan" dalam adat betawi

Nasi Jotan
  

Pengaruh budaya Nasi Jotan

Tak dapat dipungkiri, adat istiadat masyarakat Betawi sebagian besar merupakan naturalisasi dari budaya Cina, Arab, dan India. Ragam adat istiadat yang berkembang pun sangat banyak, seperti pakaian adat ujung serong, kebaya encim, kerak telor, roti buaya, hingga pesta kembang api dan petasan. Namun seiring perjalanan waktu, ada sebagian adat istiadat yang mulai luntur termakan perkembangan zaman. Salah satunya, nasi Jotan. Nasi yang selalu disediakan khusus menjelang acara pernikahan ini memang disimbolkan sebagai wujud tali silaturahmi dan sekaligus undangan. Sebab, nasi ini hanya dikirim kepada para tokoh masyarakat dan sejumlah kerabat yang dituakan.

Maksud & Tujuan serta Komposisi Nasi Jotan

Ciri khas nasi Jotan, yakni nasi putih dengan sejumlah lauk-pauk, seperti ikan tenggiri, ikan bandeng bakar, dan acar. Dari semua lauk-pauk itu yang tidak boleh ketinggalan adalah serundeng, yakni kacang yang dicampur oseng parutan kelapa dan dibalut dengan gula merah. Selain nasi dan lauk pauk, nasi Jotan juga dilengkapi buah-buahan diantaranya jeruk dan pisang. Kemuadian Nasi dikirimkan melalui seorang utusan kepada calon besan, tokoh masyarakat dan kerabat yang dituakan. Sesampainya di rumah tokoh dan kerabat yang dituju, utusan dari shohibul hajat tadi menjelaskan kedatanganya terkait rencana pesta pernikahan shohibul hajat. Setelah kiriman nasi Jotan itu diterima, tokoh masyarakat atau kerabat yang dituakan kemudian membagikan nasi Jotan tersebut kepada sanak-saudara dan handaitaulan yang dikenal shohibul hajat di lingkungan sekitar. Dari berbagai Sumber : Google



Nasi Jotan terdiri dari :

Nasi kuning
Nasi putih,
Ikan Tengiri
Acar wortel ketimun, 
Tumis buncis,
Kentang balado,
Kol bumbu kuning,
Semur daging sapi
Serundeng
Buah - buahan
Kue - kue (dodol, kue basah, uli, wajik)
  

Nasi Jotan itu dibagiin pas sehari sebelum akad nikah, nah disini nih nasi jotan biasanya ga boleh dimasak oleh catering, yang masak tidak lain adalah tukang masak asli betawi dibantu beberapa sodara dirumah, disini aku juga ikut terlibat, soalnya biasanya kan nasi jotan dipaketin pake baskom - baskom, nah aku punya ide untuk ditempatin ditempat yang mirip paketan bento, biar diliatnya lebih menarik, plus dihias dengan bunga - bunga dari tomat, cabai, ketimun, peterseli dsb. Berhubung ga ada yang bisa bikin hiasan dari sayuran tersebut, maka jadilah si penganten yang ikut keluar dari sarangnya hehehe dibantu ibu - ibu pkk yang baik hati.

 
Sepaket Nasi Jotan untuk Calon Besan



Kue kue


Paketan nasi jotan untuk tokoh masyarakat dan tetangga



No comments: